Renungan "Surga"

Jaminan masuk surga...???

Siapakah yang bisa menjamin seseorang masuk surga???

Tak ada satupun makhluk di alam semesta ini yang menjamin seseorang masuk surga, karena semua itu hak Alloh...

Maka kita makhluknya hanya bisa berusaha melakukan yang terbaik sesuai dengan perintah Nya, dan menjauhi larangan Nya. Namun begitu, sudah sepatuh bagaimanapun kita tetap tidak bisa menyombongkan diri bahwa kita akan berada di surganya.

Jadi ingat lirik lagu...

"Jika surga dan neraka tak pernah ada, masihkah Kau bersujud pada Nya."

Nah, lalu...

Keikhlasan akan ridho Nya lah pada akhirnya yang kita cari.

Saat aku duduk di bangku SD, Pak Guruku pernah bertanya padaku, "untuk apa kamu beribadah?sholat, zakat, puasa, dll". Aku dengan bangga dan pede nya menjawab, "untuk dapat pahala, kan katanya klo di akhirat itu akan ditimbang tuh pahala dan dosa kita, klo beratan pahalanya kan bisa masuk surga."

Pak Guru ku kemudian berkata, "mungkin jawabanmu sekarang itu, tapi suatu hari nanti kamu akan tahu, bukan itu jawabannya." Dan Pak Guru tidak melanjutkan penjelasannya, dan meninggalkan aku dengan penuh tanda tanya, pertanyaan itu terus ku bawa hingga aku berada pada usia dimana akhirnya aku bisa memahami maksud jawaban dan penjelasan Pak Guruku itu.


An_neke

Comments