#KotaKenangan: Banyuwangi

Banyuwangi, menginjakkan kaki di bumi Blambangan untuk pertama kalinya waktu liburan kelas 1 MTs. Dengan keempat temanku Alin, Dewi, Khul, dan Laili naik Bus dari tawang Alun. Hal yang paling ku penasarani adalah ketika melintasi Gunung Kumitir, karena sebelumnya hanya mendengar saja dari orang-orang yang sudah bolak balik Jember-Banyuwangi.
Dan setelah perjalan kurang lebih 2 jam nyampek juga di terminal Genteng, karena rumah temanku deket situ, daerah Canga'an, kami naik becak. Setelah sampai, dimulailah acara liburan kami. ^^
Perjalanan liburan yang berkesan untukku ketika di Canga'an itu ya pas q diajak jalan-jalan liat anak-anak yang sedang mengaji. Ya Alloh, bener-bener terkagum-kagum aku, yang ngaji itu lho sampek di rumah-rumah warga di sekitar mushola, banyak banget. Aku terkagum-kagum karena di Jember belum pernah ketemu yang seperti itu. Kalau pagi jadi rumah biasa, kalau sore jadi tempat menuntut ilmu, SubhanaAlloh.
Nah, yang kedua kalinya ke Bumi Blambangan juga ke rumah sahabatku tercinta Ita waktu aku kuliah. Ketika, anak-anak di pondok pada libur, aku, Tara, Nyak Nanik (ups mbak Nanik maksudnya), sama Ita berencana untuk ke Banyuwangi ke rumah Ita, kalau gak salah daerahnya namanya Sumber Jambe.
Perjalannya kami tempuh dengan naik kereta, karena aku pengen banget naik kereta, seumur-umur baru pertama naik kereta ya pas mau ke Banyuwangi waktu itu. Karena libur kuliah hanya hari Sabtu Minggu, nyari tiket yang berangkatnya Sabtu pagi, dan kereta yang jam itu sungguh terlalu, terlalu penuh dan sesak... Bahkan untuk duduk kami berempat haruslah bergantian.
Oh iya, dan satu lagi, Ita sahabatku itu selalu bilang ke aku, "An, pengen tahu rasanya terbang, nanti ku kasi tahu," ujarnya sambil senyum polos :p. Nah, ketika kereta melintasi Gunung Kumitir (mungkin daerah bagian atas gunung), dan pemandangan pohon-pohon terasa berada di bawah kita, ita bilang, "ini lho An rasanya kayak terbang, coba ae lihat ke bawah, pasti gini rasanya Harry Potter terbang." Aku, mbak nanik, dan Tara tertawa. Perjalanan yang sangat mengesankan, di tengah-tengah kepadatan penumpang kereta. (Dan sepertinya akan panjang ceritanya, lanjut di cerita lain^^)

Perjalan ketigaku ke Banyuwangi itu waktu aku kuliah di semester 2, aku diajak sama mbak nanik untuk ikut pulang ke rumahnya.

Iftina^_^





Comments